Abyfine Intermedia
SHARE :

Solusi IP Publik Dynamic Dengan IP Cloud Mikrotik

21
07/2014
Kategori : Blog / Mikrotik / Resume FMI / Speedy / Tips dan Trik / Tools
Komentar : 1 komentar
Author : boled


Solusi IP Publik Dynamic Dengan IP Cloud Mikrotik
Advertisements

Remote Mikrotik yang menggunakan IP Publik Dynamic memang sangat merepotkan. dengan adanya pembaharuan ROS Mikrotik versi 6.14 . Di versi ini terdapat fitur baru yang bernama IP Cloud Mikrotik. Fitur ini menyediakan layanan yang bisa dikatakan hampir sama seperti service DDNS (Dynamic DNS) yang banyak tersedia di Internet. Dengan fitur ini, service router yang sebelumnya diakses dengan IP Public, diganti dengan DNS yang disediakan oleh MikroTik.com. Dan ketika IP Public berubah, router akan melakukan update ke MikroTik.com sehingga service router tetap bisa diakses dengan DNS yang telah diberikan sebelumnya.

Jika sebelumnya kita bisa menggunakan layanan DDNS dari pihak ketiga, kita membutuhkan script yang cukup rumit agar router melakukan update ke penyedia DDNS. Dengan fitur IP Cloud, cukup masuk ke menu IP –> Cloud, kemudian centang “Enabled” dan selesai. 

ipcloud-mikrotik1

ipcloud-mikrotik1

Sebelum menjalankan fitur Ip Cloud mikrotik, pastikan router sudah terkoneksi ke internet, agar router dapat melakukan request DNS ke IP Cloud Server. Jika statusnya sudah “updated“, maka kita bisa menggunakan nama Domain untuk remote Router atau mengakses service yang dijalankan oleh router seperti VPN dari jaringan internet. Setiap menit router akan selalu mengecheck outgoing IP Router dan akan melakukan update IP ke IP Cloud Server. Dengan begitu, walau IP public router berubah-ubah, kita tetap bisa remote atau VPN ke router menggunakan nama domain yang sama. Contoh remote router via winbox dengan menggunakan domain.

winbox-2.2.18

winbox-2.2.18

Vidio Tutorial Seting IP Cloud Mikrotik

Agar fitur IP Cloud ini dapat berjalan dengan baik, pastikan router terkoneksi secara langsung dengan internet, sehingga ip public terpasang di router. Jika router hanya  memiliki IP private maka akan muncul informasi “DDNS server received request from IP 118.133.xxx.x but your local IP was 192.168.1.102; DDNS service might not work.” Untuk saat ini fitur IP Cloud hanya support untuk IPv4 dan belum support IPv6.

DDNS IP CLOUD Untuk Dial VPN/PPTP

Selain remote router, bisa juga untuk melakukan dial VPN, karena ternyata dial VPN, misalnya PPTP, ternyata juga bisa menggunakan domain. Contoh implementasi :

IPCloud2-PPTP-mikrotik

IPCloud2-PPTP-mikrotik

Selain dapat update Dynamic DNS, fitur IP Cloud juga bisa dimanfaatkan untuk update pengaturan waktu pada router jika NTP Client tidak aktif. Caranya, selain centang “Enabled” pada menu IP Cloud, centang juga “Update Time“. Dan perlu diketahui, fitur IP Cloud tersedia mulai RouterOS versi 6.14, dan tidak ada di routerOS sebelum 6.14. Format nama domain yang diberikan berdasarkan serial number RouterBoard yang kita gunakan, jadi format domain ditulis seperti berikut :

[SN RouterBoard].sn.mynetname.net

SN disini maksudnya serial number, jadi DNS di-generate berdasarkan serial number yang terdapat pada router. Perlu diketahui bahwa fitur IP Cloud ini hanya support untuk produk RouterBoard, dan belum support untuk produk x86. Perlu diketahui, router MikroTIk akan menggunakan protokol UPD dengan port 39752 untuk melakukan request atau update IP Address ke server IP Cloud. Pastikan jika Anda membuat rule firewall filter, tidak melakukan block terhadap protokol dan port tersebut.

IP CLOUD Mikrotik CNAME Domain

Penerapan IP Cloud di fitur yang baru ini juga dapat kita persingkat penamaan Domain nya agar mudah di-ingat. bagi anda yang memiliki Domain dan memiliki akses ke Panel Domain masing-masing. dapat memanfaatkan Fitur CNAME untuk menyingkat Format domain IP Cloud “[SN RouterBoard].sn.mynetname.net” . Untuk merubah nama DDNS bawaan menjadi nama lain caranya sebagai berikut :

  1. Masuklan ke Panel Domain / Cpanel Hosting anda.
  2. Dalam kasus ini saya akan mencontohkan melalui Cpanel dengan Memanfaatkan Fitur Simple DNS Zone Editor,
  3. Isi Field pada :  Add a CNAME Record —->
  4. Isilah NAME —> dengan nama subdomain yg akan digunakan sebagai pengganti nama lain SN-Routerboard.sn.mynetname.net
  5. Isilah CNAME —> dengan Domain yang di dapatkan di Mikrotik IP – Cloud di Routerboard anda.
  6. Kemudian Pilih ADD. tunggu hingga proses selesai. Proses ini biasanya menunggu resolve saja. estimasi 5 – 10 menit sudah bisa diakses dengan nama baru. tergantung DNS server komputer yang anda gunakan dan Server Hosting yang anda gunakan dalam melakukan Propagasi Domain baru.
ip-cloud-cname

ip-cloud-cname

 

Cara Kerja IP Cloud Mikrotik :

  • Router memeriksa perubahan IP Public setiap 1 menit
  • Menunggu respon cloud server : 15 detik
  • DDNS record TTL: 60 seconds

Setelah router mengirim IP Address ke cloud server, itu akan tetap di server secara permanen. Nama DNS (/ip cloud dns-name) akan resolve IP address sebelumnya, bahkan jika kita set /ip cloud enabled = no. Saat ini tidak ada cara untuk menghapus / menonaktifkan record DDNS ini dan tidak ada waktu expirednya.

 

Pemanfaatan Dari IP Cloud Mikrotik di versi yang terbaru ini dapat digunakan untuk sarana yang lain. Misalnya sebagai DDNS IP CCTV Publik, WEbserver Multi Domain dan untuk tutorial fungsi penerapan IP CLOUD Mikrotik yang akan saya tambahkan di posting berikutnya.

 

 

Semoga bermanfaat.

Artikel ini bersumber :

http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=89

Terima kasih Kepada : mikrotik.co.id

 

Berita Lainnya

3
05/2018
DAPODIK CLOUD Online
Author : boled
21
11/2015
30
03/2015
4
12/2014
15
10/2014


1 komentar

Rudy

Sunday, 24 Apr 2016

Pak tlg tanya kalo mau akses cctv dgn isp biznet menggunakan ip dynamic private caranya gimana ya?
Makasi

Reply

Tinggalkan Komentar

 

Berita Terbaru

dapodik cloud

DAPODIK CLOUD Online
Thursday, 3 May 2018

Set Time VPS OpenVZ GMT Local Time
Saturday, 21 Nov 2015

ajenti-web-panel

Cara Install Ajenti Server Panel
Monday, 30 Mar 2015

Video Terbaru

Abyfine Intermedia

Kami berdiri sejak Tahun 2008 di bidang layanan Pengelolaan Hosting dan Domain, Kemudian sejak tahun 2011 kami lebih fokus kepada layanan Pendidikan dalam memanfaatkan teknologi informasi berbasis open source

Alamat Kami ada di :

  • Jl Sawo No 36 Sendangarum Kesugihan Cilacap Jawa Tengah
  • Phone : 082225491774
  • WA : 085647818779
  • Email : info@abyfine.com